Sabtu, 02 Desember 2017

Ulasan 2 : File Structure - File System Concepts

Postingan ini merupakan ulasan kedua saya mengenai file system. Saya tertarik dengan sebuah video di youtube yang berjudul UNDERSTANDING FILE STRUCTURE - File System Concepts (Part 1) yang diunggah oleh Papercoinagevideo. Video ini sudah ditonton sebanyak 11.179 kali. Alasan saya memilih video ini adalah karena saya sangat tertarik dengan ide penataan suatu file pada suatu komputer yang disajikan oleh video ini dan ide tersebut dapat kita lihat pada kehidupan sehari hari.

Konsep file sistem pada komputer sebenarnya sama seperti tata cara kita menyimpan suatu berkas pada kehidupan nyata. Salah satu cara yang paling baik adalah dengan menggunakan laci-laci yang menyimpan berkas berdasarkan suatu aturan tertentu. Selain menjadikan penyimpanan lebih rapi, dengan cara ini juga dengan mudah dapat mencari dan menyimpan berkas yang kita inginkan. Penggunaan meja dengan beberapa laci merupakan representasi nyata dari komputer dengan laci sebagai drivenya, dalam suatu laci/drive kita dapat menyimpan map/folder dan berkas/file dan pada setiap folder tesebut kita dapat pula menyimpan folder dan file.

Untuk setiap file tersebut terdapat attribut dan operasi yang dapat dilakukan terhadapnya sama seperti berkas yang kita miliki. Inilah yang dinamakan file attribute. Beberapa contoh dari file attribut adalah seperti archive, hidden, system atau read-only. Untuk operasi yang bisa dilakukan pada file kita bisa analogikan dengan berkas yang kita miliki yang dapat kita tulis, baca atau hapus yang mana pada file system disebut file operations seperti add, modify, delete atau remove.

Menurut saya, konten video ini sangat bagus dalam penyampaian materinya yaitu dengan menyederhakan konsep dengan kehidupan sehari hari sehingga memudahkan penonton memahami materi. Tetapi terdapat kekurangan pada tampilan video seperti ilustrasi dan backgroundnya yang terkesan biasa dan kurang menarik.

Github Account : okusakun
URL Ulasan : https://myosstory.blogspot.com/2017/12/ulasan-2-file-structure-file-system.html
URL Video : https://youtu.be/ZghMPWGXexs
Durasi: 6 menit 39 detik
Pemetaan : Week09
Revisi Pertama : 12-2-2017
Revisi Terakhir : 12-2-2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar